Kamis, 28 Mei 2020

strategi pembelajaran ekspositori




Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Roy Killen (1998) menamakan strategi ekspositori ini dengan istilah strategi pembelajaran langsung (direct insruction). Dalam sistem ini, guru menyajikan bahan dalam bentuk yang telah dipersiapkan secara rapih, sistematik dan lengkap sehingga siswa tinggal menyimak dan mencernanya secara teratur dan tertib. Siswa juga dituntut untuk menguasai bahan yang telah disampaikan tersebut.

Aliran-aliran psikologi belajar yang sangat berpengaruh dalam strategi pembelajaran ekspositori adalah teori belajar Behavioristik. Aliran belajar behavioristik lebih menekankan kepada pemahaman bahwa perilaku manusia pada dasarnya keterkaitan antara stimulus dan respon, oleh karenanya dalam implementasinya peran guru sebagai pemberi stimulus merupakan factor penting.

11 komentar:

  1. Saya ingin bertanya pada pemateri,
    Telah disebutkan bahwa strategi ekspositori memiliki kelebihan dan kekurangan.. Nah yang ingin saya tanyakan, gimana sih cara pemateri sebagai pendidik dalam mengantisipasi kekurangan yang ada dalam strategi ekspositori ini?

    Terimakasih,
    Mei Saraswati. Semester 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik mba mei saya akan menjawab pertanyaan dari mba mei
      Bagaimana sh cara pendidik dalam mengantisipasi kekurangan yang ada dalam strategi ekspositori?iyadiya beberapa kelemahan strategi ekspositori, maka sebaiknya dalam melakukan strategi ini guru perlu persiapan yang matang baik mengenai materi pelajaran yang akan disampaikan maupun hal lain yang mempengaruhi kelancaran proses pembelajaran.

      Terimakasih🙏
      Silahkan yang lain bisa membantu menjawab atau melengkapi🙏

      Rizky Setia W (smstr 4)

      Hapus
  2. Materinya sangat bermanfaat sebagai bahan rujukan dalam pembelajaran. Terimakasih banyak...👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minal aidzin wal Faizin buat semua teman2
      From mim sidiq🙏🏼🙏🏼🙏🏼🙏🏼

      Hapus
  3. Mba pemateri, saya mau bertanya tentang pembelajaran ekspositori ini. Ketika pembelajaran ini diterapkan pada anak usia dini apakah akan sama proses pembelajarannya dengan anak usia tingkatan atas? Dan bagaimana cara pembelajarannya?

    Terimakasih🙏

    Wakingah

    BalasHapus
  4. Mba pemateri, saya mau bertanya tentang pembelajaran ekspositori ini. Ketika pembelajaran ini diterapkan pada anak usia dini apakah akan sama proses pembelajarannya dengan anak usia tingkatan atas? Dan bagaimana cara pembelajarannya?

    Terimakasih🙏

    Wakingah

    BalasHapus
  5. Mba pemateri, saya mau bertanya tentang pembelajaran ekspositori ini. Ketika pembelajaran ini diterapkan pada anak usia dini apakah akan sama proses pembelajarannya dengan anak usia tingkatan atas? Dan bagaimana cara pembelajarannya?

    Terimakasih🙏

    Wakingah

    BalasHapus
  6. Trimakasih materinya mba. .
    Mb saya mw bertanya .biasanya kn pda strategi ceramah ini mmbuat siswa bosan.. Nh gimana sih agar siswa tetap aktif dan tidah mudah merasa bosan dengan strategi ini..
    Trimakasih 🙏

    Istiqo semester 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mba saya akan menjawab pertanyaan njen.
      cara agar anak tidak bosan saat pendidik menerapkan metode ceramah saat pembelajaran dengan sepinter2nya kita atau cara kita menyampaikan materi yang membuat anak tertarik untuk mendengarkan dan diselingi dengan humor dan sebaiknya pendidik juga tidak fokus ke teks/buku saja. Diusahakan pendidik sudah hafal apa yang akan disampaikan sehingga anak merasa diajak untuk mendengarkan apa yang kita ucapkan sehingga mereka paham maksud dari apa yang kita ucapkan.

      Terimakasih🙏
      Rizky Setia W (semester 4)

      Hapus
  7. Terimakasih atas materinya, Mba. Dan tanya jawab dari teman² sangat bermanfaat, menambah ilmu pengetahuan baru bagi saya... Jazakumullah khairan katsir...

    BalasHapus