Secara umum supervisi
klinis diartikan sebagai bentuk bimbingan profesional yang diberikan kepada
guru berdasarkan kebutuhannnya melalui siklus yang sistematis. Siklus
sistematis ini meliputi: perencanaan,
observasi yang cermat atas pelaksanaan dan pengkajian hasil observasi dengan
segera dan obyektif tentang penampilan mengajarnya yang nyata.
Jika dikaji berdasarkan
istilah dalam “klinis”, mengandung makna: (1) Pengobatan (klinis) dan (2)
Siklus, yaitu serangkaian kegiatan yang merupakan daur ulang. Oleh karena itu
makna yang terkandung dalam istilah klinis merujuk pada unsur-unsur khusus,
sebagai berikut:
- Adanya
hubungan tatap muka antara pengawas dan guru didalam proses supervisi.
- Terfokus
pada tingkah laku yang sebenarnya didalam kelas.
- Adanya
observasi secara cermat.
- Deskripsi
pada observassi secara rinci.
- Pengawas
dan guru bersama-sama menilai penampilan guru.
- Fokus
observasi sesuai dengan permintaan kebutuhan guru.
Assalamualaikum pak...saya Siti sofingatun semester 6 ..apakah ada langkah2 tersendiri dalam menilai penampilan guru.
BalasHapusTentunya harus mengikuti proses pembelajaran secara langsung dengan beberapa langkah sebagai berikutMenciptakan situasi yang wajar, mengambil tempat didalam kelas yang tidak menjadi pusat perhatian anak-anak, tidak mencampuri guru yang sedang mengajar, sikap waktu mencatat tidak akan menimbulkan prasangka dari pihak guru.
HapusHarus dapat membedakan mana yang penting untuk dicatat dan mana yang kurang penting.
Bukan melihat kelemahan, melainkan melihat bagaimana memperbaikinya.
Harus diperhatikan kegiatan atau reaksi murid-murid tentang proses belajar.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBagaimana supervisi klinis yang d berikan pada guru bisa berjalan dengan baik dan optimal .
BalasHapusIda Nurliana
Semester 6
supervisi klinis yang diberikan pada guru dapat berjalan dengan baik dan optimal digunakan siklus sistematis yang meliputi perencanaan, observasi yang cermat atas pelaksanaan dan pengkajian hasil observasi dengan segera dan objektif tentang penampilan mengajarnya yang nyata.
HapusSiti Nurjanah (smst6)
Tujuan dari supervisi klinis itu sendiri apa pak?
BalasHapus#matrohah L C
Supervisi klinis itu kan kegiatan pembinaan guru dalam meningkatkan kinerja dalam proses pembelajaran. Jadi tujuannya itu untuk pengembangan profesional guru dan memotivasi kerja guru dan memperperbaiki proses pembelajaran yang kurang efektif.
HapusIda Nurliana
harus di perhatikan dalam meningkat kan kegiatan b3lajar,untung mengembangkan profesional guru untuk mengembangkan kegiatan belajar. rina evi
HapusMakasih mba ida 😊
Hapusharus bisa membedakan mana yg pnting untuk di catat mana yg tidak,bukan melihat kelemahan melainkan bagai mana memperbaikinya memperhatikan proses belajar.
BalasHapusTujuan supervisi klinis
BalasHapusA. Tujuan umum
Bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan guru dikelas dan meningkatkan kemampuan profesional guru.
B. Tujuan khusus
1. Menyediakan balikan yang objek dalam kegiatan mengajar yang dilakukan guru
2. Mendiagnosis dan membantu memecahkan masalah-masalah pembelajaran
3. Membantu guru mengembangkan keterampilan dalam menggunakan strategi-strategi pembelajaran
4. Membantu guru mengembangkan dari secara terus menerus dalam karir dan profesi mereka secara mandiri.
ARIFAH ALFIANI . SEMT 6
Sebutkan Faktor-faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya supervisi?
BalasHapus#Lukman Hakim
Semester 6
Faktor yangLyang mempengaruhi berhasilmberhasil tidaknya supervisi yaitu yaitusyaitu
BalasHapus1.itu berada di kota besar, di kota kecil, maupun di pelosok. ...
2.Besar-kecil sekolah yang menjadi tanggung jawab Kepala sekolah/madrasah. ...
3. Tingkatan dan jenis sekolah. ...
Keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia. ...
4. Kecakapan dan keahlian Kepala sekolah/ madrasah itu sendiri.
Sarif solehan
HapusMohon maaf bapak dosen dan teman - semester 6 yang tercinta..
BalasHapussaya (St.Nurjanah, smester6) bertanya apa yang harus dilakukan jika telah dilaksanakan supervisi klinis namun tujuan dari puservisi tersebut tidak dapat tercapai ?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapustindakan supervisi sangat urgent untuk mengukur sejauh mana guru dalam melakukan proses belajar mengajar
BalasHapustujuan selanjutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru tersebut.