Senin, 18 Mei 2020

Materi Supervisi "Supervisi Klinis"






Secara umum supervisi klinis diartikan sebagai bentuk bimbingan profesional yang diberikan kepada guru berdasarkan kebutuhannnya melalui siklus yang sistematis. Siklus sistematis ini   meliputi: perencanaan, observasi yang cermat atas pelaksanaan dan pengkajian hasil observasi dengan segera dan obyektif tentang penampilan mengajarnya yang nyata.

Jika dikaji berdasarkan istilah dalam “klinis”, mengandung makna: (1) Pengobatan (klinis) dan (2) Siklus, yaitu serangkaian kegiatan yang merupakan daur ulang. Oleh karena itu makna yang terkandung dalam istilah klinis merujuk pada unsur-unsur khusus, sebagai berikut:

  1. Adanya hubungan tatap muka antara pengawas dan guru didalam proses supervisi.
  2. Terfokus pada tingkah laku yang sebenarnya didalam kelas.
  3. Adanya observasi secara cermat.
  4. Deskripsi pada observassi secara rinci.
  5. Pengawas dan guru bersama-sama menilai penampilan guru.
  6. Fokus observasi sesuai dengan permintaan kebutuhan guru.

17 komentar:

  1. Assalamualaikum pak...saya Siti sofingatun semester 6 ..apakah ada langkah2 tersendiri dalam menilai penampilan guru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya harus mengikuti proses pembelajaran secara langsung dengan beberapa langkah sebagai berikutMenciptakan situasi yang wajar, mengambil tempat didalam kelas yang tidak menjadi pusat perhatian anak-anak, tidak mencampuri guru yang sedang mengajar, sikap waktu mencatat tidak akan menimbulkan prasangka dari pihak guru.
      Harus dapat membedakan mana yang penting untuk dicatat dan mana yang kurang penting.
      Bukan melihat kelemahan, melainkan melihat bagaimana memperbaikinya.
      Harus diperhatikan kegiatan atau reaksi murid-murid tentang proses belajar.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Bagaimana supervisi klinis yang d berikan pada guru bisa berjalan dengan baik dan optimal .

    Ida Nurliana
    Semester 6

    BalasHapus
    Balasan
    1. supervisi klinis yang diberikan pada guru dapat berjalan dengan baik dan optimal digunakan siklus sistematis yang meliputi perencanaan, observasi yang cermat atas pelaksanaan dan pengkajian hasil observasi dengan segera dan objektif tentang penampilan mengajarnya yang nyata.
      Siti Nurjanah (smst6)

      Hapus
  4. Tujuan dari supervisi klinis itu sendiri apa pak?

    #matrohah L C

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supervisi klinis itu kan kegiatan pembinaan guru dalam meningkatkan kinerja dalam proses pembelajaran. Jadi tujuannya itu untuk pengembangan profesional guru dan memotivasi kerja guru dan memperperbaiki proses pembelajaran yang kurang efektif.


      Ida Nurliana

      Hapus
    2. harus di perhatikan dalam meningkat kan kegiatan b3lajar,untung mengembangkan profesional guru untuk mengembangkan kegiatan belajar. rina evi

      Hapus
    3. Makasih mba ida 😊

      Hapus
  5. harus bisa membedakan mana yg pnting untuk di catat mana yg tidak,bukan melihat kelemahan melainkan bagai mana memperbaikinya memperhatikan proses belajar.

    BalasHapus
  6. Tujuan supervisi klinis
    A. Tujuan umum
    Bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan guru dikelas dan meningkatkan kemampuan profesional guru.
    B. Tujuan khusus
    1. Menyediakan balikan yang objek dalam kegiatan mengajar yang dilakukan guru
    2. Mendiagnosis dan membantu memecahkan masalah-masalah pembelajaran
    3. Membantu guru mengembangkan keterampilan dalam menggunakan strategi-strategi pembelajaran
    4. Membantu guru mengembangkan dari secara terus menerus dalam karir dan profesi mereka secara mandiri.

    ARIFAH ALFIANI . SEMT 6

    BalasHapus
  7. Sebutkan Faktor-faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya supervisi?
    #Lukman Hakim
    Semester 6

    BalasHapus
  8. Faktor yangLyang mempengaruhi berhasilmberhasil tidaknya supervisi yaitu yaitusyaitu

    1.itu berada di kota besar, di kota kecil, maupun di pelosok. ...

    2.Besar-kecil sekolah yang menjadi tanggung jawab Kepala sekolah/madrasah. ...

    3. Tingkatan dan jenis sekolah. ...
    Keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia. ...

    4. Kecakapan dan keahlian Kepala sekolah/ madrasah itu sendiri.

    BalasHapus
  9. Mohon maaf bapak dosen dan teman - semester 6 yang tercinta..
    saya (St.Nurjanah, smester6) bertanya apa yang harus dilakukan jika telah dilaksanakan supervisi klinis namun tujuan dari puservisi tersebut tidak dapat tercapai ?

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. tindakan supervisi sangat urgent untuk mengukur sejauh mana guru dalam melakukan proses belajar mengajar

    tujuan selanjutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru tersebut.

    BalasHapus